Senin, 12 September 2011

MEREPARASI POWER AMPLYFIER BAB I & II


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ( Prakerin )
Praktik Kerja Industri merupakan wujud aplikasi terpadu antara sikap, kemampuan dan keterampilan yang di peroleh siswa – siswi di bangku SMK. Dengan mengikuti praktik kerja industri, siswa – siswi diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan yang lebih di lapangan.
Pelaksanaan praktik kerja industri diberbagai perusahaan dan instansi akan sangat berguna bagi siswa – siswi SMK untuk dapat menimba ilmu pengetahuan yang lebih, keterampilan, dan pengalaman. Praktik kerja industri merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah / Ujian Nasional ( US / UN ) pada SMKN 1 Way Tenong  Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Melalui praktik kerja industri siswa akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan cara berpikir, manambah ide – ide yang berguna, dan dapat menambah pengetahuan, sehingga dapat menumbuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab terhadap tugas yang telah dikerjakannya.
Oleh karena itu, ilmu – ilmu yang telah di pelajari di sekolah dapat secara langsung dipraktekan di tempat Prakerin. Dan ilmu – ilmu yang belum di dapat di Sekolah akan di dapat di tempat Prakerin. Maka sangat pentinglah bagi siswa – siswi SMK melaksanakan Prakerin.
Mengingat sulitnya untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan berkualitas, maka sekolah – sekolah SMK berusaha untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) dengan cara meningkatkan mutu pendidikan dan menyediakan sarana – sarana pendukung yang lebih berkualitas agar menghasilkan lulusan yang handal dan mendapat pengetahuan yang lebih.
Dalam rangka itulah SMK mewajibkan kepada siswa – siswi SMK untuk dapat melaksanakan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ), sehingga dapat menjadikan motifasi untuk bekerja yang sebenarnya dan membuka lapangan pekerjaan sendiri yang berkualitas.
Penulis melakukan Praktik Kerja Industri di Bengkel Eka Jaya yang berlokasi di Desa Rukem Kecamatan Air Itam Kabupaten Lampung Barat, untuk menambah wawasan, belajar bekerja yang sebenarnya, dan mengetahui ilmu tentang berbagai Servis Elektronika, yang dapat berguna bagi masa depan Penulis.
1.2.     Tujuan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Adapun tujuan pelaksanaan Praktik Kerja Industri adalah sebagai berikut :
1.        Syarat untuk mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
2.        Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
3.        Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas peilaku, perbuatan dan pekerjaan.
4.        Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
5.        Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
6.        Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
7.        Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
8.        Menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok.
9.        Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
10.    Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
11.    Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
12.    Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dalam dunia kerja dan masyarakat.
13.    Menumbuh kembangkan sikap profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memenuhi lapangan kerja yang sesuai dengan bidangnya.

1.3.Sistematika Laporan
-          Sampul Luar
-          Halaman Judul
-          Halaman Pengesahan
-          Kata Pengantar
-          Daftar Isi
-          Isi Laporan Prakerin
-          Lampiran


 
BAB II
HASIL OBSERVASI DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

2.1.     Sejarah Bengkel Eka Jaya.
Bengkel Eka Jaya berdiri tahun 1992 yang terletak di Desa Rukem Kecamatan Air Itam Kabupaten Lampung Barat. Bengkel Eka Jaya Melayani Servis Electronika seperti Radio, Tv, Parabola dll. Selain itu juga Bengkel Eka Jaya melayani jual beli Komponen Elektronika. Bengkel Eka Jaya Mengalami Kemajuan Pesat baik itu dari cara melayani pelanggan Servis maupun pelayanan jual beli komponen elektronika yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Tujuan didirikannya bengkel Eka Jaya selain usaha yaitu mengembangkan keahlian yang dimiliki oleh pemilik bengkel dan melayani masyarakat yang ingin melakukan servis.
2.2.     Disiplin Pengendalian Kerja
Pada pukul 07.30 bengkel mulai dibuka dan mempersiapkan segala peralatan servis dan menunggu pelanggan yang ingin servis elektronika yang mengalami kerusakan dan yang ingin berbelanja dimulai jam 08.00, jam 12.00 sampai 13.00 istirahat dan waktu pulang jam 16.00 wib.
2.3.     Data Kepegawaian
1.        Hj. Toha      : Selaku Pemilik bengkel, penanggung jawab, usaha
2.        Wahyu        : Tekhnisi di bengkel Eka Jaya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika anda kurang setuju dengan entri" blog ini atau ada pendapat yang ingin anda sampaikan